Apa Pengertian, Cara Kerja, & Manfaat Energi Listrik?

Posted by indogeek on October 24, 2014

Energi listrik adalah hasil dari interaksi partikel subatomik dengan gaya lektromagnetik. Ada dua jenis muatan listrik, disebut positif dan negatif.
apa itu pengertian energi listrik adalah Petir merupakan energi listrik dengan kekuatanan yang super dahsyat.
Petir merupakan energi listrik dengan kekuatanan yang super dahsyat.
Tulisan ini menjawab pertanyaan:
Apa itu (energi) listrik?
Apa yang dimaksud dengan (energi) listrik?
Apa pengertian dari (energi) listrik?
Bagaimana listrik terjadi dan bagaimana penggunaannya?

Energi listrik dihasilkan dari pergerakan muatan listrik, dan umumnya disebut sebagai "listrik". Listrik berawal pada gaya elektromagnetik : salah satu dari empat gaya fundamental yang ada di alam dan salah satu yang bertanggung jawab untuk perilaku benda yang bermuatan listrik. Energi listrik merupakan hasil dari interaksi partikel subatomik dengan gaya elektromagnetik. Listrik sering menampakkan dirinya dalam fenomena alam seperti petir. Listrik sangat penting untuk kebutuhan dasar kehidupan. Kemampuan manusia untuk menghasilkan, mengirim dan menyimpan listrik sangat penting untuk industri modern, teknologi, dan kehidupan.

Asal Usul Energi Listrik

Ada dua jenis muatan listrik, disebut positif dan negatif. Jika dua benda bermuatan listrik didekatkan satu sama lain, mereka akan memberikan gaya. Jika muatan itu sama - baik positif atau keduanya negatif -, maka akan terjadi gaya tolak-menolak, kedua benda tersebut akan saling menjauh. Jika kedua benda tersebut memiliki muatan yang berbeda, mereka akan menarik satu sama lain. Gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menarik ini dikenal sebagai gaya elektromagnetik, dan dapat dimanfaatkan untuk menciptakan aliran energi listrik.

Atom terdiri dari inti yang mengandung proton bermuatan positif, dengan elektron bermuatan negatif yang mengorbit di sekitarnya. Proton biasanya hanya tinggal sebagai inti atom, tetapi elektron dapat berpindah dari atom ke atom yang lain, yang memungkinkan mereka untuk mengalir melalui bahan, seperti logam, yang bisa menghantarkan listrik. Jika ada satu tempat pada suatu benda memiliki elektron berlebih, maka tempat tersebut akan bermuatan negatif. Sedangkan jika kekurangan elektrok, maka tempat tersebut disebut bermuatan positif. Karena berlawanan muatan, maka elektron akan mengalir dari daerah bermuatan negatif ke bermuatan positif sehingga terjadilah apa yang disebut aliran (arus) listrik.

Penggunaan Energi Listrik

Listrik berguna sebagai sarana mentransfer energi jarak jauh. Hal ini penting untuk berbagai proses industri, telekomunikasi dan internet, komputer, televisi dan perangkat lainnya yang umum digunakan. Energi listrik juga dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain sesuai dengan kebutuhan kegunaannya.

Ketika arus listrik mengalir melalui konduktor, maka akan menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan tergantung pada seberapa baik bahan tersebut menghantarkan listrik. Konduktor yang baik, seperti tembaga, menghasilkan panas yang sangat sedikit. Untuk alasan ini, kabel tembaga dan kabel lain yang digunakan untuk mengirimkan listrik: ketika panas yang dihasilkan, berarti ada energi yang hilang. Sehingga konduktor yang baik meminimalkan kehilangan energi. Bahan yang menghantarkan listrik kurang baik menghasilkan lebih banyak panas, sehingga bahan tersebut cenderung digunakan dalam pemanas listrik, kompor dan oven.

Energi listrik juga dapat diubah menjadi cahaya. Lampu bohlam awal tergantung pada pelepasan listrik di celah kecil untuk memanaskan udara sampai udara seakan terbakar dan bersinar - prinsip yang sama seperti petir. Kemudian, bola lampu filamen diperkenalkan: ini bergantung pada arus, kawat melingkar yang bersinar putih-panas. Versi modern, lampu hemat energi melewatkan arus tegangan tinggi melalui gas tipis, menyebabkan ia memancarkan cahaya ultraviolet, kemudian mempedarkan lapisan neon untuk menghasilkan cahaya tampak.

Ketika lampu dialiri energi listrik, maka lampu akan memancarkan cahaya dan menghasilkan panas
Ketika lampu dialiri energi listrik, maka lampu akan memancarkan cahaya dan menghasilkan panas
Ketika bahan konduktif, seperti kawat tembaga, bergerak dalam medan magnet, maka akan menghasilkan arus listrik. Sebaliknya, arus yang mengalir melalui kawat akan menghasilkan gerakan jika terdapat medan magnet. Ini adalah prinsip di balik motor listrik. Perangkat ini terdiri dari sebuah susunan magnet dan gulungan kawat tembaga sehingga ketika arus mengalir melalui kawat, gerakan balik diproduksi. Motor listrik banyak digunakan dalam industri dan di rumah, misalnya dalam mesin cuci dan pemutar DVD.

Pengukuran Energi Listrik

Energi diukur dalam joule, istilah dinamai fisikawan James Prescott Joule. Satu joule kira-kira jumlah energi yang dibutuhkan untuk mengangkat satu pon (0,45 kilogram) berat jarak vertikal sembilan inci (22,9 cm). Listrik adalah daya, yang merupakan energi dibagi dengan waktu, atau laju aliran listrik. Energi listrik lebih familiar jika dibuat dalam satuan watt, diambil dari nama ilmuwan James Watt. Satu watt setara dengan satu joule per detik.

Ada hal lain yang berhubungan dengan listrik, yaitu Coulomb. Coulomb adalah satuan muatan listrik. Coulomb dapat dianggap sebagai jumlah elektron - 1,6 x 1019 - karena semua elektron memiliki muatan yang sama. The ampere, biasanya disingkat "amp", adalah satuan arus listrik, atau jumlah elektron yang mengalir dalam jumlah waktu tertentu. Salah satu amp adalah setara dengan satu coulomb per detik.

Volt adalah satuan gaya gerak listrik, atau jumlah energi yang ditransfer muatan per unit, atau coulomb. Satu volt adalah setara dengan satu joule energi yang ditransfer untuk setiap coulomb muatan. Power, dalam watt, setara dengan volt dikalikan dengan ampere, sehingga arus lima ampere pada 100 volt akan setara dengan 500 watt.

Membangkitkan Energi Listrik

Umumnya listrik dihasilkan oleh perangkat yang mengkonversi gerak rotasi menjadi energi listrik, dengan menggunakan prinsip yang sama seperti motor listrik, tetapi secara terbalik. Pergerakan kumparan kawat dalam medan magnet menghasilkan arus listrik. Panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, digunakan untuk menghasilkan uap, kemudian uap digunakan untuk menggerakkan turbin sehingga menghasilkan gerakan memutar. Dalam pembangkit listrik tenaga nuklir, energi nuklir memberikan panas. Listrik tenaga air menggunakan gerakan air karena gravitasi untuk menggerakkan turbin.

Hati-hati, listrik dapat menyebabkan kematian jika terkena setrumnya.

Listrik yang dihasilkan pada pembangkit listrik umumnya dalam bentuk arus bolak-balik (AC). Ini berarti bahwa arus listrik yang dihasilkan adalah plus dan minus, berkali-kali per detik. Untuk sebagian besar kegunaan, listrik AC bisa digunakan dengan baik. Selanjut adalah bagaimana agar listrik sampai ke rumah-rumah penduduk. Beberapa proses industri dan peralatan rumah tangga, memerlukan arus searah (DC), yang mengalir dalam satu arah saja. Misalnya, pembuatan bahan kimia tertentu menggunakan elektrolisis: pemisahan senyawa menjadi unsur atau senyawa sederhana menggunakan listrik. Hal ini memerlukan arus searah, sehingga kita tetap membutuhkan kedua jenis listrik tersebut, AC dan DC.

Pengirimkan listrik melalui jaringan listrik pada tegangan yang lebih tinggi lebih efisien daripada dengan tegangan rendah. Dengan demikian, kita membutuhkan transformer step-up untuk menaikkan tegangan. Proses penaikan tegangan ini tidak meningkatkan energi listrik: ketika tegangan dinaikkan, arus listrik menurun dan tegangan akan naik. Transmisi listrik jarak jauh dilakukan dengan ribuan volt; Akan tetapi karena di rumah-rumah membutuhkan voltase yang lebih renda, 110, 220, atau 230 volt, maka listrik bertegangan tinggi tersebut harus diturunkan terlebih dahulu dengan transformator step-down.

Energi listrik untuk perangkat kecila atau perangkat daya rendah sering dipasok oleh baterai. Baterai menggunakan energi kimia untuk menghasilkan arus listrik yang relatif kecil. Baterai selalu menghasilkan arus searah, sehinnga baterai memiliki dua kutub, yaitu kutub positif dan kutub negatif. Elektron mengalir dari terminal negatif ke terminal positif ketika rangkaian disambungkan.


Supaya Kamu bisa dapet materi lebih banyak, Admin cuman minta LIKE & SHARE website ini. Biar Admin tambah semangat gitu... :)

Written by Mr. Tom
Apa Pengertian, Cara Kerja, & Manfaat Energi Listrik?
Bahasan: Energi listrik adalah hasil dari interaksi partikel subatomik dengan gaya lektromagnetik. Ada dua jenis muatan listrik, disebut positif d...
Published at October 24, 2014, Updated at October 24, 2014
Reviewed by Y. Surya on
Rating: 4.6

0 comments:

Post a Comment